Tips Asyik dan Cepat Mempelajari Huruf Mandarin

Tips Asyik dan Cepat Mempelajari Huruf Mandarin

Menurut hasil pengamatan saya, tiap tahun makin banyak saja orang Indonesia yang belajar bahasa mandarin (termasuk saya, hehehe). Mungkin ada hubungannya dengan perkembangan ekonomi China yang amat pesat akhir-akhir ini, tapi ekonomi bukanlah bidang saya jadi saya nggak ngerti.

Umumnya, ada dua kesulitan utama bagi orang Indonesia untuk belajar mandarin. Yang pertama adalah pronunciation/pengucapan, karena banyak bunyi dalam bahasa mandarin yang tidak ada dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, belum lagi tambahan empat macam nadanya. Kesulitan kedua tentu saja adalah huruf mandarin yang kayak cacing itu. Pasalnya, dalam bahasa Indonesia, kita mengenal 26 alfabet saja sudah cukup untuk merangkai berjuta kata. Namun, huruf mandarin/hanzi tidak mengenal alfabet. Satu huruf mewakili satu kata. Dengan demikian, jumlah hurufnya banyak sekali dan beda-beda semua. Jumlah total huruf mandarin ada sekitar 80.000-90.000, namun yang sering/umum digunakan hanya sekitar 3.500 jumlahnya.

Yaaahhh… 26 huruf berbanding 3.500 huruf… tetap aja pusing toh??
http://pasarrak.com/trolley-belanja-supermarket
Tapi ternyata huruf mandarin ada aturan dan tips-tips tersendiri untuk mempelajarinya secara cepat dan mudah. Dulu waktu saya les mandarin di Indonesia tidak pernah diajarkan cara-cara seperti ini. Kami biasanya hanya disuruh menyalin huruf mandarin beberapa kali sampai hafal. Bisa juga sih… tapi kok kayaknya keburu tua dulu ya sebelum selesai menghafal semuanya, hehehehehehe…

Tips-tips asyiknya adalah sebagai berikut:

1. MULAILAH DENGAN MEMPELAJARI HURUF-HURUF PIKTOGRAF/XIANGXINGZI (象形字)

Huruf mandarin itu pada awalnya berasal dari gambar. Huruf-huruf piktograf ini biasanya paling gampang diingat dan paling gampang ditulis.

Misalnya:

日 (ri) = matahari. Awalnya berupa gambar bulatan besar yang menggambarkan matahari, dan titik di tengah sebagai inti matahari.

月 (yue) = bulan. Awalnya berupa gambar  bulan sabit yang bertitik di tengahnya.

人 (ren) = manusia. Karena manusia itu kakinya dua.

大 (da) = besar. Ini seperti manusia yang sedang membentangkan dua tangannya, seolah sedang mengukur suatu benda dan ternyata benda ini besar sekali.

田 (tian) = sawah. Mirip petak-petak sawah.

木 (mu) = kayu. Bentuknya mirip pohon.

山 (shan) = gunung. Udah mirip gunung, kan?

雨 (yu) = hujan. Seperti sebuah jendela yang menampakkan hujan di luar rumah.

2. HAFALKAN RADIKAL DAN ARTINYA

Namun, huruf piktograf dalam bahasa mandarin hanya mencakup 5% dari seluruh huruf mandarin. Bentar, jangan lemes dulu, hehehehehe.

Lebih dari 80% huruf mandarin merupakan idea-sound characters/xingshengzi (形声字). Biasanya huruf-huruf jenis ini memiliki 2 bagian. Satu bagian menunjukkan arti/idea dari kata tersebut, dan bagian satunya lagi menunjukkan cara baca/pelafalan/sound.

Bagian yang menunjukkan arti kata itu biasanya disebut radikal. Di bawah ini merupakan daftar radikal yang sering muncul:

氵(san dian shui), huruf-huruf yang punya radikal ini biasanya ada hubungannya dengan air, contoh: 海(laut), 河(sungai), 汗(keringat), 渴(haus)

讠(yan zi pang), berhubungan dengan bahasa dan kata-kata, contoh: 语(bahasa), 说(bicara), 读(membaca), 访(mewawancarai)

目 (mu zi pang), berhubungan dengan mata, contoh: 眼(mata), 睛(mata), 瞪(melotot), 瞧(memandang)

饣 (shi zi pang), berhubungan dengan makan dan minum, contoh: 饿(lapar), 饮(minum), 饭(nasi), 饼(roti)

女 (nu zi pang), berhubungan dengan perempuan, contoh: 妈(ibu), 姐(kakak perempuan), 嫁(menikah), 妻(istri)

犭(fan quan pang), berhubungan dengan binatang, contoh: 狗(anjing), 猫(kucing), 狼(serigala), 猴(monyet)

疒 (bing zi pang), berhubungan dengan penyakit, contoh: 癌(kanker), 痒(gatal), 痛(sakit), 疯(gila)

扌(ti shou pang), berhubungan dengan tangan/aktivitas yang dilakukan dengan tangan, contoh: 提(jinjing), 拉(tarik), 推(dorong), 扔(lempar/buang)

心/忄(xin zi di/shu xin pang), berhubungan dengan perasaan, contoh: 恨(benci), 惨(tragis), 想(berpikir), 感(merasa/perasaan)

Penguasaan radikal akan sangat membantu dalam memahami huruf mandarin, bahkan menebak arti kata yang sebenarnya baru pertama kali kita lihat.

3. TEBAK-TEBAKAN ITU ASYIK!

Yup, belajar huruf mandarin itu kayak main tebak-tebakan, karena seringkali arti bisa ditebak dan cara baca pun bisa ditebak! Mari kita coba sekarang!

青 huruf ini dibaca qing… ingat-ingat yaaa!

清 huruf ini dibaca apa ya? Dan artinya kira-kira apa? Rupanya, bacanya tetap qing, artinya berhubungan dengan air karena ada unsur 氵(san dian shui)… arti tepatnya adalah jernih

请 huruf ini ternyata juga dibaca qing, artinya berhubungan dengan bahasa/kata-kata karena ada unsur 讠(yan zi pang), arti tepatnya adalah mempersilakan

睛 huruf ini dibaca jing (beda-beda tipislah, hehehe), artinya berhubungan dengan mata karena ada unsur 目 (mu zi pang), arti tepatnya adalah mata

情 huruf ini dibaca qing juga, artinya berhubungan dengan perasaan karena ada unsur 忄(shu xin pang), arti tepatnya adalah emosi/rasa

Hmm… ternyata huruf mandarin itu nggak susah-susah banget, kan? Yang penting kita tahu trik untuk mempelajari dan memahaminya. Oke deh, saya udah capek… sampe sini dulu yaaa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *