Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Bahasa Mandarin itu unik. Cara pelafalan dan penulisan beda. Misal, hanzi 哥哥, pinyinnya adalah gēge, sedang pelafalannya keke. Ini adalah salah satu contoh yang menyebabkan banyak orang merasa kesulitan belajar bahasa Mandarin. Sebenarnya yang diperlukan hanyalah guru yang bisa membimbing Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula.

Belajar bahasa Mandarin, sama seperti belajar bahasa asing lainnya, ada lima kemampuan dasar yang harus dikuasai. Di kesempatan ini saya akan membagikan tips-tips saya berdasar lima kemampuan dasar ini.
Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula:
1. Kemampuan Mendengar

Ini bukan masalah suara, setiap orang normal pasti bisa mendengar bunyi suara. Tapi bukan itu yang saya maksud. Kemampuan mendengar di sini adalah kemampuan mengenali perbedaan bunyi kata (shendiao, yinmu dan shengmu, dan juga nantinya, arti kata) dalam bahasa Mandarin.

Belajar mendengar melalui film atau lagu berbahasa Mandarin. Tonton siaran berita, di TV, pinjam, download atau belilah lagu, film, serial drama atau serial anime yang Anda suka. Dengarkan. Dengarkan lagu saat Anda di rumah, di jalan, di tempat umum, nyalakan TV berbahasa Mandarin dan biarkan begitu saja saat Anda melakukan aktivitas harian di sekitar TV. Intinya adalah mengalirkan bahasa Mandarin sebanyak mungkin ke otak Anda.

2. Kemampuan Berbicara

Sama seperti penjelasan kemampuan mendengar di atas, ini bukan tentang kemampuan bicara Anda secara alami, tapi ini adalah kemampuan menirukan bunyi bahasa yang sudah Anda dengar. Anda baru bisa mengucapkan sebuah bahasa baru, hanya jika Anda sudah pernah mendengar bunyi bahasa itu diucapkan.

Jadi, tirulah suara yang Anda dengar. Nyanyikan lirik lagu yang Anda dengar, tirulah dialog dalam film, drama atau anime yang Anda lihat.http://pasarrak.com/jual-rak-gudang

3. Kemampuan Membaca

Seperti yang sudah saya singgung di pendahuluan di atas, tulisan Mandarin ini unik. Dalam bahasa ini, tidak dikenal abjad (A-Z). Bagian terkecil dari kalimat dalam bahasa Mandarin bukanlah huruf, tapi kata. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak jumlah kata yang harus dipelajari, diingat dan dilatih.

Jangan cemas, dari sekian ratus ribu kata, pada kenyataannya hanya sekitar 3.000 sampai 5.000 kosa kata yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Belajarlah secara bertahap dan jangan menginginkan hasil banyak secara instan. Belajar adalah suatu proses.

Saran saya untuk para pemula, pelajarilah PINYIN terlebih dahulu, baru pelajari HANZI. Apa itu Pinyin? Pinyin adalah cara baca Hanzi. Ini yang sering saya katakan di kelas. Definisi menurut Wikipedia adalah sistem romanisasi (notasi fonetis dan alih aksara ke aksara Latin) untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

Ada tiga hal yang harus Anda ketahui mengenai Pinyin. Yaitu Yinmu (vokal atau bunyi hidup), Shengmu (konsonan atau bunyi mati) dan Shengdiao (nada).

Di bawah ini saya sertakan bagan lengkap Yinmu dan Shengmu:

Bagan Shengdiao :

Untuk mengetahui bagaimana persisnya pelafalan pinyin dan shengdiao ini diucapkan, saat ini banyak sekali website di internet yang dapat digunakan untuk membantu belajar secara mandiri. Meskipun begitu, jika ada kesempatan dan dana lebih untuk mengikuti kursus bahasa Mandarin, bergabunglah.

4. Kemampuan Menulis

Jika Anda sudah mengenal dan menguasai pinyin, ini saatnya untuk belajar mengenal dan menguasai Hanzi. Hanzi adalah huruf Han. Han adalah sebuah suku mayoritas di Tiongkok. Karena total jumlahnya sekitar 92 % dari total penduduk Tiongkok, maka bahasa suku ini diangkat menjadi bahasa nasional.

Menulis huruf Han atau Hanzi tidak bisa sembarangan. Aturan menulis Hanzi ada dua, yaitu Bihua dan Bishun. Kuasai aturan ini, jika Anda menguasai teknik dasar ini, Anda akan bisa menggandakan tulisan hanzi apapun meski Anda belum pernah melihat huruf itu sebelumnya atau belum tau pelafalan maupun artinya.

Bihua

Bihua atau guratan adalah unit terkecil dalam huruf Han, ada sekitar 30 an jenis. Berikut tabelnya:

Bishun

Bishun adalah urutan menulis guratan untuk membentuk sebuah hanzi. Berikut adalah aturan dasarnya:

Tulis 横 héng terlebih dahulu, kemudian 竖 shù, misal : 十、干
Tulis 撇 piě terlebih dahulu, kemudian 捺 nà, misal : 人、八、入
Tulis dari atas ke bawah, misal : 三、王、它
Tulis dari kiri ke kanan, misal : 你、好、礼、他
Tulis bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam, misal : 同、见、间
Tulis bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam dan tutup, misal : 国、园、因
Tulis tengah terlebih dahulu, kemudian samping kiri kanan, misal : 小、水

Contoh:

Aturan tambahan :

Titik di atas atau di kiri atas, ditulis terlebih dahulu : 衣、立、为
Titik di kanan atas atau di bawah, ditulis terakhir : 发、犬、我
Huruf yang mempunyai gabungan atas kiri atau atas kanan, tulis bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam : 厅、座、屋
Huruf yang mempunyai gabungan kiri dan bawah, tulis bagian dalam terlebih dahulu, kemudian bagian luar : 远、这、廷
Huruf yang mempunyai gabungan kiri bawah dan kanan, tulis bagian dalam terlebih dahulu, kemudian bagian luar : 凶、画
Huruf yang mempunyai gabungan kiri atas dan kanan, tulis bagian luar terlebih dahulu, kemudian bagian dalam : 同、用、风
Huruf yang mempunyai gabungan kiri atas dan bawah, tulis bagian atas terlebih dahulu, kemudian bagian dalam, terakhir kiri bawah : 医、巨、匠、区
Tips belajar Menulis:

Gunakan buku kotak besar dan pensil.
Saat menulis sebuah Hanzi, bacalah huruf yang sedang Anda tulis dan apa artinya. Dengan demikian otak kita mengingat bentuk huruf, bagaimana bunyinya sekaligus artinya.
5. Kemampuan Menterjemahkan

Terutama untuk level dasar, kemampuan ini bukanlah menterjemahkan kalimat, sebuah lagu maupun karangan. Tapi penting untuk menguasai banyak kosa kata baik yang berupa kata ganti orang, kata benda, kata kerja, kata penggolong, kata keterangan tempat, kata keterangan waktu, dan sebaginya.

Cobalah menyebutkan benda-benda di sekitar kita, kondisi cuaca, jam, hari, tanggal, silsilah keluarga, dan seterusnya menggunakan bahasa Mandarin. Gunakan kamus atau internet jika dirasa perlu.
Tips Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula :
Praktekkan kelima hal ini setiap hari. Belajar, kata kuncinya adalah konsisten. Jangan mudah menyerah ketika merasa belum ada kemajuan yang berarti.
Bahasa Mandarin adalah bahasa nada. Beda nada (Shengdiao), beda arti. Jadi seimbanglah untuk mempelajari kemampuan mendengar, berbicara dan menulis Anda.
Pada dasarnya, orang Tionghoa sangat bangga dengan budayanya. Mereka terbuka dan mau membantu orang yang berminat belajar bahasa dan budaya mereka. Jadi, jangan takut atau malu bertanya kepada native speaker.
Jika memiliki kesempatan, bergabunglah ke kelompok belajar, kursus, atau sekolah untuk mempelajari bahasa Mandarin secara kelompok. Dengan menemukan komunitas, kita akan lebih terpacu dan lebih efektif belajar.
Jika ada orang yang mengkritik bahasa Mandarin Anda, anggap itu sebagai masukan. Jika itu baik dan dapat mengkoreksi kesalahan Anda, mengapa ditolak? :)
Tetaplah kembali kepada halaman ini agar Anda tidak lupa Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula.

Semoga bermanfaat :)

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *